CERITA ANTARA AKU DAN FOREX - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

CERITA ANTARA AKU DAN FOREX


Udah lama gak nulis apa-apa disini, rasanya pengen banget relax, nikmatin angin sepoi-sepoi dan ditemenin segelas minuman hangat, rasanya indah banget guys daripada mikirin penatnya rutinitas.

Kalau terlalu di rasa jadi pengen ngulangin hari dan ulangin jadi mahasiswa lagi hikss hikss.. kalau udah kerja gini kan dunia udah serasa jungkir balik, sendiri, dan bener-bener belajar mandiri gak kayak kemarin-kemarin kan yang pusing nya masih bisa disambi dengan main dan banyak temen yang bisa kita ajak untuk isi waktu luang kalau lagi pusing, kalau gak nongkrong di cafe ngetrip sampe jauhhh hahaha., Sayang nya sekarang udah bener-bener jauh guys, diriku dimana kalian dimana? 😂 Dan temen baruku mereka sudah berkeluarga semua, tentu punya urusan yang harus dikelola daripada sekedar main hihihi, sedih kan penat ga pernah main lagi ini?? Tapi gue tetep bersyukur punya temen-temen kantor yang baik-baik dan ngerasa disayang kalau dikantor hehe

Ah jadi curhat ini melow ah melow.
Halooo sahabat i-Codee, gue mau bagi secercah cerita haha, gue gatau ya ini penting enggak tapi mudah-mudahan bermanfaat aja bagi pembaca. Tau forex gak guys? Itu loh Foreign Exchange alias pertukaran mata uang. Jadi, pada prinsipnya forex ini bisa memberikan keuntungan bahkan kerugian bagi pemain nya dengan cara memanfaatkan kondisi valuta asing dari mata uang satu ke mata uang lainnya. Begitulah...

Gue disini gak mau menggurui, atau gimana-gimana ya, diri ini hanya bermaksud share pengalaman kalau memang ada yg pengen sobat tanyakan ya Monggo komen dibawah.

Awal mula gue tau forex
Duluuu banget waktu gue SMA, kan ceritanya emak gue denger ada tuh tetangga katanya punya penghasilan cuma modal laptop dan internet aja, bahkan penghasilannya bisa berjuta-juta dalam sebulan, sampe bisa beli mobil, biayain ortu nya berobat, dll jadi emak gue langsung nanyain hal itu ke gue. Nah gue pun mencari tau dengan kata kunci valas atau saham atau apa gue udah lupa, tapi dari situ gue baca-baca dan belajar nyari tau akhirnya gue dapetlah ilmu sebatas teori google aja.

Nah sampai sini,... Gue gak ngerti dan blm bisa cara main forex. Maka gue tanya sama sepupu yang agak encer otaknya soal bidang perinternetan dan lumayan membantu sedikit, sebut saja Laksono sepupu gue itu.

Udah belajar sama dia (Laksono) dan dengan keterbatasan nya juga kita saling tebak-tebakan main forex dan latihan dengan akun demo. Tapi gue tetep gak mudeng dengan istilah buy or sell dan kapan gue harus melakukan buy or sell itu. Alhasil gue boring dan lupa dengan forex hingga beberapa taun. Iya beneran beberapa taun kemudian ingatan gue akan forex terbuka setelah gue duduk di bangku kuliah...

Disini, di bangku kuliah gue ini, gue adalah salah satu mahasiswi jurusan management, gue udah semester 5 guys kala itu, dan sudah saat nya mengambil mata kuliah konsentrasi. Dan gue ambil bidang manajemen keuangan dan ternyata gue ketemu dan kenalan dengan yang namanya SAHAM, dari sinilah membuka lagi memori gue akan forex.

Mungkin jodoh kali ya dan takdir yang mengharuskan gue jadi seorang trader abal-abal. Masalahnya setelah beberapa tahun itu pun gue gak pernah ketemu Laksono karna dia di Jakarta pasca lulus SMA, dan gue di Bandar Lampung, eh gue ketemu dia dan minta ajarin forex lagi berdasarkan fungsi tombol yang ada di aplikasi metatrader4 kala itu. Otodidak dong gue langsung bisa buy or sell doang walaupun masih demo. Walaupun gue dan Laksono amatiran main tapi tetep aja gue nyontek dia kalau ambil keputusan harus buy or sell dan gue percaya aja, untungnya kan masih akun demo ya hahaha, tapi seru lah buat belajaran beberapa hari sampai dia balik lagi ke Jakarta dan kita kontak via chatingan aja sambil share sejauh mana perkembangan forex masing-masingnya.

Sambil belajar akun demo, gue juga belajar dari internet dong ya, dan gue dapet kenalan pula seorang trader beneran hahah malu lah ya... Aku mah apa atuh. Hanya berguru di google 😂

Ceritanya gue kenalan Ama dia karna dia itu sering broadcast BBM di BBM-nya Maya, nah sahabat gue (Maya) kan tau kalau gue lagi berkutat dengan forex, makanya dia nyaranin gue kenalan dengan cowok itu, mungkin bisa bantu-bantu banyak kan.

Tapi sayangnya gue gak yakin buat kenalan Ama dia, karna cowok itu kayak nawarin MLM atau semacamnya. Jd gue putuskan untuk tetep main forex dengan sebatas kemampuan gue. Walaupun gitu gue dapet lah beberapa ilmu dari obrolan basi di balik layar hp gue ini, kayak aplikasi buat liat kondisi valuta, sama masukan-masukan tentang forex itu.

Cerita soal MODAL main forex!!!!
Nahhh... Ini nih
Kalian harus tau ya, main forex itu gak kayak angan-angan kita deposit langsung untung dan tiba-tiba kaya..  haha enggak guys, big no!!. Gue main forex juga butuh perjuangan loh.

Pokoknya ya, setelah main akun demo gue rasa cukup sudah pasti saatnya gue memberanikan diri pada akun real. Gue sebenernya pengen deposit di akun kecil aja kayak cuma 10$ gitu kan pas dikantong mahasiswa ya kalau buat investasi kecil-kecilan, tapi sayangnya gue kebanyakan gaya dan maunya besar 😂🤣, ah nekad sekali diri ini.

Waktu itu gue minta modal nyokap sejuta guys, dengan penuh kejujuran, karna gue memang menjujung tinggi kejujuran haha, gue jujur bilang mau deposit forex Ama nyokap dan di setujui, tapi dengan syarat.. Hmm gue harus jual cincin emas yang gaada suratnya kepasar, dan itu SUSAH!! untung aja ada pedagang pasar yang kenal gue jadi dibantuinlah buat jual cincin itu alhasil modal sudah bisa didapat.

Oh iya, bicara soal modal untuk suatu investasi kalau bisa jangan uang yang berjalan ya guys, maksud gue bukan uang yang bisa jalan tapi uang yang memang aset yang gak kepake buat apa-apa, karena investasi ini memang menguntungkan tapi juga memiliki risiko yang semakin tinggi, ya kan kita cuma berjaga-jaga, karena kita gatau juga apa yang akan terjadi di masa depan dengan kondisi uang yang sudah diinvestasikan tersebut, hanya ada 2 kemungkinan berhasil atau gagal, betul?

Nah, saat modal udah didapat, gue mulai deposit tuh ke fasapay. Gue pakai fasapay guys, salah satu akun penunjang deposit di alpari (broker yang gue pakai). Gak nanggung gue depositin aja semua toh niat hati ini juga memang mau investasi.

Pertama main gue hati-hati main dengan margin yang cukup rendah, sama aja sih dengan waktu ngejalanin akun demo, tapi ini lebih ekstra hati-hati. Sangking hati-hatinya kita jadi autis hp, karena ketika kita melakukan buy or sell hati ini jadi selalu waspada kemana arah mata uang berjalan baik naik ataupun turun, itulah yang bikin autis hp karena forex, lebih parah daripada candu hape karena nungguin "doi" suerrr ini lebih degdeg... Apalagi nyangkut masalah uang untuk kantong yang pas-pasan😂.

Yah dikit-dikit gue cek aplikasi investing buat liat posisi uang, terus liat meta trader bolak balik dengan perasaan gundah. Bahkan sangking nekadnya gue "sok iyess" sekali jalan 3 mata uang langsung gue deposit, sekalinya gak sesuai insting kan abis ya..  yah maklum daku yang masih amatiran ini. Tapi itu dulu loh ya... Walaupun sekarang masih amatir tapi gak se 'serakah' dulu kok. Kenapa gue bilang serakah? Karna main forex itu rasanya kayak kurang-kurang terus. It's true.

SOAL KEUNTUNGAN?
Jangan dikira akan mudah sekali bisa dapet untung. Susah loh, bahkan sampai berhari-hari gue berada di garis minus itu biasa. Ya itu bicara soal insting. Gue bukan tipikal orang yang berinsting kuat apalagi buat pemula ya, kayak cuma nungguin Dewi Fortuna deh, belum lagi kalau kena kejadian gak terduga macam ada bom, atau bencana alam di negara yang mata uangnya sedang kita investasikan, huuft gigit jari dirimu wkwkkwk.

Makanya kunci dari untung adalah
1. Jangan serakah, jangan ngerasa kurang. Ingat aja kita investasikan uang yang gak seberapa untuk dijadikan lebih tapi tidak berlebihan, itu aja sih prinsip gue.
2. Sabar
Jangan cepat berubah keputusan ya. Makanya sebelum ambil keputusan liat dulu aplikasi patokan kalian biar gak salah arah. Contohnya gini: kita sekarang minus, tapi gatau satu menit lagi kita akan plus. Makanya sabar tapi juga yang tepat sabarnya. Hehe
3.terus belajar, ya ini juga sangat penting. Kalau kita semakin sering main pasti makin mahir dan makin pinter atur emosi.
4. Walaupun bikin kita autis hp, tapi kalau sobat udah lebih mahir gak bakalan seautis itu kok sama hp. Karena gue sendiri masih sambil ngelakuin banyak aktivitas.

Kalau gue pribadi, gue pernah untung dan berkali-kali rugi. Kalau untung ya lumayan buat jajan kalau rugi ya rasakan saja hahaha.

Gue ada cerita lagi nih soal rugi.
Masih inget gak soal kejadian bom di Perancis??? Tahun 2015 kalau gak salah. Waktu itu gue lagi main forex dengan mata uang euro/USD, dan gue buy haha, sedih gak sih anjlok hampir sejuta, mendadak nangis gue bahkan sempet vakum lama dari dunia per'forex'an karena itu. Tapi setelah itu gue coba lagi dengan sisa-sisa dana yang ada. Bahkan setelah rugi itu gue sering pakai dana <10$ buat modal. Dan ternyata kejadian itu bikin gue makin pinter atur emosi. Stay positif, Kalau udah untung lumayan bisa buat beli baju/jajan/bayar kosan haha, namanya juga uang tambahan kan? Kalau rugi ya sebisa mungkin di handle.
Jangan serakah dan pandai aja atur emosi pasti bisa! Karena ada yang bilang 1% skill 99% emosi. Hehe

Hmmm baiklah, sekian deh cerita gue soal forex. Jika ada yang mau di tanyakan Monggo komen di bawah atau sosial media ya...
Salam hangat untuk pembaca setia sampai akhir cerita postingan yang gue yakin sejujurnya membosankan ini. Tapi makasih ya udah mampir.
Makasihhh





1 comment:

  1. Selamat siang admin
    Saya Okta dari broker ForexMart.
    Kami tertarik untuk menawarkan kerjasama afiliasi kepada anda. Bolehkah saya meminta nomor kontak untuk mempermudah membicarakan ini lebih lanjut? Atau anda juga bisa menghubungi saya melalui 08111622285 / okta@forexmart.com
    Terima kasih
    Okta
    Business Development

    ReplyDelete

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...