MAKALAH WALEU KAOS LAMPUNG | TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN | TUGAS MANAJEMEN STRATEGI - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

MAKALAH WALEU KAOS LAMPUNG | TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN | TUGAS MANAJEMEN STRATEGI


Makalah ini saya dan teman-teman buat dalam rangka menyelesaikan tugas Manajemen Pemasaran. apabila ada kesalahan kata atau kalimat mohon dimaklumi dan silahkan komentar untuk koreksi kami. makalah ini pun dibuat sudah sangat lama yaitu pada tahun 2015 sehingga sata-data yang digunakan bisa jadi sudah berubah.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang
  Pelaksanaan kunjungan ke Waleu merupakan kegiatan wajib mata kuliah Manajemen Pemasaran oleh bapak Muhamad Ariza Eka Yusendra, S.E.,M.M di IBI Darmajaya. Kunjungan ke Waleu ini dilaksanakan kelas P04 sebagai upaya untuk menambah  pengalaman mahasiswa tentang dunia kerja.
  Di Waleu mahasiswa dituntut untuk aktif menggali informasi mengenai system dankonsep pemasaran yang telah diterapkan perusahaan, sehingga memperoleh pengetahuan tentang pemasaran dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
  Kunjungan di Waleu, satu-satunya perusahaan kaos yang membawa icon lampung ini  dilakukan untuk memberikan gambar kepada mahasiswa tentang detail perusahaan, mulai dari sejarah hingga informasi yang mendalam seperti sisi forecast dan sisi budgeting. Mahasiswa harus membandingkan informasi-informasi yang langsung didapat oleh narasumber yang berpengalaman pada dunia kerja, dengan ilmu yang diperoleh dari kampus. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama wawancara  tentang perusahaan yang bersangkutan. 

1.2.    Rumusan masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah sejarah perkembangan Waleu?
2.    Dimanakah lokasi gerai kaos Waleu?
3.    Apakah Waleu dapat bekerjasama dengan pihak lain?
4.    Apakah yang menjadi ciri khas Waleu dengan Produk Lain?
5.    Apa yang membuat Waleu bertahan sampai sejauh ini berdasarkan analisis SWOT?
6.    Apa sajakah indicator STP dan marketing mix pada perusahaan Waleu?
7.     Apa sajakah yang telah direncanakan Waleu dalam jangka waktu dekat?

1.3.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan laporan ini adalah sebagai berikut:
1.    Mengetahui sejarah perkembangan Waleu
2.    Mengetahui lokasi gerai kaos Waleu?
3.    Mendapatkan informasi kerjasama perusahaan Waleu dengan pihak lain
4.    Mengetahui berbagai ciri khas Waleu dibandingkan  Produk lain
5.    Mengetahui berbagai hal yang membuat Waleu bertahan berdasarkan analisis SWOT
6.    Mengetahui indicator STP dan marketing mix pada perusahaan Waleu
7.    Memahami hal yang telah direncanakan Waleu dalam jangka waktu dekat?

1.4.    Manfaat Penelitian
Penulisan karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi :
A.    Penulis :
1.    Menambah wawasan mahasiswa mengenai sistem manajemen Pemasaran.
2.    Memperluas pengatahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja
3.    Menggali potensi mahasiswa untuk dimanfaatkan sebagai sarana menambah rasa tanggung jawab dan rasa ingin tahu terhadap penelitian.
B.    Pembaca :
1.    Penulisan ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat tentang Perusahaan Waleu yang dapat menambah nilai pariwisata di Bandar Lampung.
2.    Sebagai sarana rekomendasi bagi pembaca untuk mengunjungi Waleu.

BAB II
DESKRIPSI PERUSAHAAN
2.1    Lokasi Perusahaan

Gerai Waleu Kaos Lampung
Jl. Wolter Monginsidi- 89 - Teluk Betung - Bandar Lampung - Lampung - Indonesia

2.2    Sejarah Singkat
                Berawal dari ide, yang kemudian direalisasikan menjadi sebuah produk nyata. Melatar belakangi Albet Destanto mendirikan pusat oleh – oleh khas Lampung, berupa souvenir kaos khas Lampung bermerek Waleu. Toko cindera mata yang beralamat di Jalan Wolter Monginsidi, No 18 ini, memiliki kekhasan, yakni pada permainan kata dari produk kaos yang dijualnya. Mulai dari penggunaan bahasa lampung, nama Kabupaten/ Kota di Lampung, Pahlawan Lampung dan berbagai tema lain yang kental dengan identitas Bumi Ruwa Jurai.
                “Saya tertarik untuk menciptakan kaos dengan trademark Waleu ini, karena terinspirasi dengan berbagai jenis kaos khas dari berbagai daerah. Seperti, Bali dengan Joger, Yogyakarta dengan Dagadunya dan sejumlah produk kaos yang menunjukkan identitas kedaerahan lainnya. Pada dasarnya, kita juga punya identitas dan sangat kaya dengan ragam seni, budaya hingga adat-istiadat. Bila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan bijak, maka akan menjadi sebuah karya seni yang bernilai positif dan berdampak pada ekonomi masyarakat,” ujarnya.
                Dia menambahkan, usaha yang dirintis sejak 6 Agustus 2011 ini awalnya dikenal dengan nama Helau. Namun karena, sesuatu hal kemudian berganti nama menjadi waleu, yang dalam bahasa Indonesia berarti angka delapan. Adapun tujuan berdirinya Waleu, sebagai salah satu bentuk apreasiasi, pengenalan dan pelestarian budaya Lampung. Pun demikian, tempat ini juga merupakan alternative pusat perbelanjaan oleh – oleh asal Lampung. Dimana saat ini, cinderamata special ini belum banyak ditemukan di Bumi Ruwa Jurai. Selain menyediakan kaos berkualitas, Waleu juga menawarkan harga terjangkau kepada para calon konsumennya. “Sejauh ini, antusiasme masyarakat akan kehadiran kami, cukup tinggi. Bahkan kini, kaos buatan kami telah menjadi bagian dari kebanggaan masyarakat local. Melalui berbagai kesempatan, anak muda lampung kini sebagian besar telah menggunakan kaos Helau, baik ketika berada di dalam maupun luar Lampung. Selain itu, sejumlah artis ketika bertandang ke Lampung, kerap mampir dan sengaja membeli beberapa prodyuk kami. Di antaranya Steven Coconut Treez, kru Bukan Empat Mata dan sejumlah public figure lainnya,” ungkapnya. Dari segi produk, lanjutnya, kini pihaknya masih sebatas menyediakan sejumlah pakaian berbahan kaos, yakni kaos oblong, kaos berkerahkaos tangan panjang, kaos tanggung (3/4). Namun, tidak menutup kemungkinan Ia akan kembali mengembangkan usahanya dengan memperbanyak jenis produknya, seperti sandal, asesoris dan lain sebagainya.     “Besar harapan kami, dengan hadirnya toko ini mampu menjadi sebuah kebanggaan local dan mampu melestarikan budaya daerah di tingkat nasional. Adapun, salah satu keunggulan yang kami unggulkan, yakni produk kata dan variasi warna baju selalu up-date, tidak monoton. Kami punya satu motto, tidak afdol bila bertandang ke Lampung, tapi tidak mampir ke Helau,” pungkasnya.(fer)   

2.3    Jenis Usaha
Waleu merupakan jenis usaha tekstil yang menyediakan pakaian bercirikan khas lampung ,topi,sandal,aksesoris khas lampung. Dengan daftar produk sbb:
data produk :2015
2.4     Proses Pembelian
  • Pemesanan online dapat dilakukan secara langsung di gerai Waleu ataupun via telepon 0721-233489 bagi pelanggan di luar kota.
  • Pelanggan bisa banyak memilih berbagai macam baju,topi DLL serta bernogosiasisoal harga yang di tentukan... harga mulai dari 88.000 - 300.000
  • Untuk masalah pembayaran Waleu dapat melayani melalui face to face dan melalui via ATM agar pelanggan yang berada di luar kota mudah untuk melakukan pembayaran.
  • Untuk produk service delivery, melalui TIKI dan JNE untuk pelanggan yang berada di luarkota maupun luar negeri
  • Dan apabila terdapat kecacatan pada barang, pihak Waleu melakukan garansi free ongki
2.5    Perbedaan Waleu dengan Kaos Daerah lainnya
  • Joger dan Dagadu tidak membuat ciri khas kota sendiri yang bernuansa etnik,
  • Joger dan Dagadu: menggunakan kata-kata kiasan, plesetan dll tetapi tidak ada ciri khas kedaerahan seperti yang diterapkan Waleu.
  •  waleu: menerapkan sifat kedaerahan agar masyarakat luar menetahui lampung tidak hanya sebagai kaos guna tetapi juga sebagai promosi kebudayaan melalui produk dengan tulisan berbahasa Lampung dan ber-icon siger,gajah dll
BAB SELANJUTNYA SILAHKAN DOWNLOAD DIBAWAH
Catatan: Makalah ini saya dan teman-teman buat dalam rangka menyelesaikan tugas Manajemen Pemasaran. apabila ada kesalahan kata atau kalimat mohon dimaklumi dan silahkan komentar untuk koreksi kami dan akan diperbaiki. Makalah ini pun dibuat sudah sangat lama yaitu pada tahun 2015 sehingga sata-data yang digunakan bisa jadi sudah berubah. 
DOWNLOAD MAKALAH SELENGKAPNYA
Kata Kunci: Download makalah waleu, download makalah kunjungan perusahaan, makalah wawancara, contoh makalah kunjungan perusahaan, contoh makalah kunjungan home industri, contoh makalah wawancara narasumber, makalah produk, makalah pemasaran produk, contoh makalah pemasaran produk.

No comments:

Post a Comment

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...