HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT CV (CURRICULUM VITAE) - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT CV (CURRICULUM VITAE)

 
Halo semuanya, selamat pagi, siang sore malam, kapanpun dan dimanapun kalian berada. Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai penulisan CV atau Curriculum Vitae atau nama lainnya adalah Riwayat Hidup.

Seperti yang kita semua tahu bahwa Curriculum Vitae ini adalah salah satu berkas penting yang akan berguna dimasa depan. Baik untuk keperluan sekolah atau kuliah sebagai tugas bahkan sampai dunia pekerjaan. Sebelum admin memberitahu tutorial membuat CV (Curriculum Vitae) menggunakan Microsoft Word, admin akan memberikan beberapa masukan yang semoga saja akan bermanfaat.

1.Kenapa CV harus didesain?
Sebenarnya bukan sebuah keharusan, akan tetapi apabila rekan-rekan menemukan sesuatu yang berbeda dari yang lain bukankan lebih tertarik atau akan lebih mudah mengingatnya. Misalnya:
  • Anda memiliki teman satu kelas dengan rambut pirang, bukankah mereka akan tampak lebih mencolok dibanding teman-temannya?
  • Atau seorang anak, yang dengan kejujurannya bertanya pada temannya tentang sebuah pulpen yang unik daripada teman sekelas lainnya, pasti mereka akan bertanya, dimana ia membeli pulpen?
Dari beberapa contoh diatas, tentu saja hal tersebut adalah yang dirasakan oleh manusia begitu juga dengan para HRD yang sedang menyeleksi, think that! Maka dari itu, jika rekan-rekan ingin terlihat berbeda maka tampillah berbeda.

2.Untuk membuat CV yang menarik
Alangkah baiknya rekan-rekan membuat desain yang tidak tampak monoton. disini admin menyarankan menggunakan warna yang soft dan tidak terlalu mencolok sebagai berikut:

dan bandingkan contoh cv dibawah ini, CV standar dan CV dengan menggunakan desain.
CV DESAIN

CV STANDAR
Coba temukan perbedaannya, bagaimana? Yang mana yang membuat rekan lebih tertarik?
CV Standar terlihat membosankan, Bayangkan saja semua orang menggunakan CV standar seperti contoh diatas, HRD akan merasa bosan dengan hal yang cenderung sama, setidaknya CV setelah didesain akan membuat mata HRD menjadi lebih segar dengan aneka warna diantara sekian banyak CV yang tampak monoton.

CV Standar lebih panjang hingga 2 halaman, sedangkan CV yang didesain hanya 1 halaman, dengan kualitas isi yang sama tentunya. Lebih menghemat kertas bukan?

3. CV DESAIN TERLIHAT RUMIT?
Jika rekan-rekan ada yang berfikir bahwa CV yang di desain itu terlalu rumit, sulit dibaca atau tidak tersusun rapi dan berurutan. Mungkin sebagian berfikir demikian, maka dari itu saya menulis tutorial ini. Perlu diingat, semua itu bergantung dari kreatifitas anda sendiri. Silahkan anda tuangkan ide anda sekreatif mungkin tanpa meninggalkan nilai jual dan tata letak CV yang rapi.

4. NILAI JUAL ANDA
Berbicara mengenai nilai jual, maka di dalam suatu resume yang baik haruslah menonjolkan nilai jual, karena itu adalah poin terpenting kita dalam memdeskripsikan diri yang bukan hanya sekedar identitas diri dan daftar pendidikan yang pernah kita jalani. Nilai jual itu bisa berupa:
  • Prestasi, Poin penting dimana kita dapat menggambarkan bahwa dirikita adalah  sesorang yang mampu bersaing
  • Pengalaman kerja, ini sudah pasti, jika rekan adalah fresh graduate dan belum berpengalaman maka gunakan poin lainnya.
  • Kursus, Apabila kursus tersebut berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar hal ini akan menjadi nilai tambah.
  • Organisasi, karena organisasi adalah gambaran kecil dari suatu struktural perusahaan
  • Aktivitas, Seminar, perlombaan dll, dapat menjadi nilai tambah karena menunjukan rekan sekalian apabila lulusan baru / fresh graduate tidak terlihat kuper malah terlihat aktif.
Demikian tips dan trik saya kali ini, untuk tutorial CV (Curriculum Vitae) silahkan klik Link berikut ini.
Tutorial Membuat CV dengan Microsoft Word

JANGAN LUPA KOMENTAR :)


kata kunci: curriculum vitae, resume, daftar riwayat hidup, contoh curriculum vitae, contoh cv update, cara membuat cv dengan microsoft word, tips dan trik membuat cv, curriculum vitae design, design cv, manfaat cv, surat lamaran kerja, contoh resume, tips mencari pekerjaan, tugas bahasa indonesia, tugas sekolah, tugas mahasiswa, tugas curriculum vitae, cara membuat cv menggunakan microsoft word, surat lamaran kerja, contoh surat lamaran kerja terbaru, icodee, i codee, i-codee, tips membuat cv.

1 comment:

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...