MAKALAH KEWIRAUSAHAAN : BANANA LICIOUS CAFE | DOWNLOAD TUGAS KEWIRAUSAHAAN | TUGAS TEKNOPRENEURSHIP - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN : BANANA LICIOUS CAFE | DOWNLOAD TUGAS KEWIRAUSAHAAN | TUGAS TEKNOPRENEURSHIP

 BANANA LICIOUS CAFE
Executive Summary
Bidang usaha rumah makan merupakan salah satu bidang yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu. Keunikan suatu rumah makan juga dapat dijadikan dalam memuaskan konsumen karena akan menghasilkan image positif yang akan selalu diingat oleh konsumen. Oleh karena itu, kami akan membangun usaha bisnis rumah makan dengan memiliki ciri khas yang menarik yaitu menu-menu yang akan disajikan bersumber dari pisang, tidak hanya dari buahnya, tetapi juga bagian-bagian lain dari pohon pisang seperti jantung pisang, daun pisang, dan lain-lain. Selama ini buah pisang dikenal sebagai buah pelengkap hidangan pencuci mulut selepas menyantap makanan. Oleh karena itu, kami akan menginovasikan pisang dapat dibuat bervariasi menu makanan.
Bahan baku yang digunakan dalam bisnis ini adalah pisang, jenis pisang yang kami gunakan diantaranya jenis pisang ambon, pisang raja, pisang muli, serta jantung pisang. Proses alur produksinya di mulai dengan membeli bahan baku yang akan digunakan, kemudian dimasak dan diolah oleh koki sehingga terciptalah makanan dan minuman yang enak dan sehat. BANANA LISIOUS CAFE ini jam operasinya pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Café  ini didirikan di jalan Jendral Sudirman no.50 Pahoman Bandar Lampung . Desain bangunannya minimalis dengan suasana yang ceria dan cerah dengan membaginya menjadi indoor dan outdoor. Sesuai dengan visi BABANA LISIOUS CAFE adalah menjadi cafe yang nyaman dan asri. Cafe ini ditujukan oleh semua  kalangan dan dari kalangan menengah keatas. 
 Strategi pemasaran dari BL cafe adalah “ buy 1 get” yang diberikan pada minggu pertama, voucher senilai 20 ribu yang terdapat pada brosur dan dapat digunakan pada minggu kedua, voucher dinner, dan mempromosikannya melalui  media sosial. Dan yang paling mkenarik adalah fhoto contest instragam yaitu pengunjung yang mengupload foto berada d BL CAFE ke intagram dengan #BLCAFE dan yang terpilih akan mendapat kan voucher dinner. Hal ini bukan hanya dapat mengutungkan pengunjung tetapi juga dari pihak BL CAFE karena dengan mengupload foto dapat mempromosikan BL CAFE di instagramnya tanpa BL Cafe melakukannya.BL CAFE juga menyediakan jasa potrait fhotografi bagi pengunjung yang ingin mendapatkan gambar yang indah dan berbayar sesuai foto.
Dari analisis pesaing belum adanya cafe atau tempat makan yang menjadi pisang sebagai bahan utamanya, ini memberikan peluang usaha yang sangat besar bagi BL CAFE. Cafe ini pun memberikan banyak tawaran paket, yaitu paket brithday, romantik dinner, dan berbagai paket acara yang di butuhkan oleh pengunjung.
 Investasi yang dibutuhkan untuk membangun café  ini sebesar Rp. 74.350.000,- dan sumber dana yang diperoleh dengan kekayaan pribadi. Dana tersebut akan kembali selama kurang lebih 2 tahun. 

BAB I
PERUSAHAAN

1.1    Nama Perusahaan
Banana Licious Cafe atau disingkat (BL CAFE). Pemilihan nama ini berdasarkan dari ciri khas cafe ini yang semua olahannya berbahan dasar pisang. Banana Licious diambil dari kata “banana” yang artinya pisang dan “delicious” yang artinya lezat. Dalam arti yang lebih luas Banan Licious berarti bahwa suatu olahan pisang baik dari bonggol hingga buahnya yang dikemas sebagai olahan lezat. Pemilihan singkatan BL CAFE diambil agar masyarakat dapat mengingat dengan mudah. BL CAFE pun memiliki slogan yaitu “INI PISANG KU, MANA PISANG MU?”. Dengan cara ini akan cepat membuat konsumen memberi sugesti pada produk BL CAFE.

1.2    Visi dan Misi
  1. Visi : Menjadi Café yang nyaman, asri, hemat dan sehat serta diminati oleh setiap kalangan
  2. Misi :
  • Memanfaatkan potensi sumber daya alam yang mudah dijumpai dengan kreatif serta memperkenalkan suatu inovasi baru dalam bentuk olahan makanan, minuman, dan cemilan yang unik, lezat dan bergizi.
  • Memperoleh keuntungan bagi segala pihak yang terkait, baik pemilik, karyawan, dan konsumen.
  • Memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan atau konsumen
  • Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
  • Menerapkan keterampilan, ilmu, dan keahlian yang dimiliki
1.3    Latar Belakang
Bidang usaha olahan pisang ini merupakan salah satu bidang yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu. Bisnis makanan merupakan pilihan yang tepat di tengah situasi perekonomian dan perkembangan jumlah penduduk. Alasan mendasar dari bisnis ini adalah “orang perlu makan untuk hidup” sehingga hal tersebut menjadikan alasan mengapa harus mengembangkan bisnis berbasis makanan dan asupan gizi yang baik. Kepuasan konsumen sangatlah penting dalam bisnis ini. Karena kepuasan konsumen dapat membentuk persepsi dan selanjutnya dapat memposisikan produk perusahaan dimata konsumen. Makanan yang enak tentu merupakan suatu komponen yang penting untuk memuaskan konsumen. Selain itu, keunikan suatu tempat penyajian juga dapat dijadikan dalam memuaskan konsumen karena akan menghasilkan image positif yang akan selalu diingat oleh konsumen seperti desain dan ciri khas yang dimiliki oleh suatu pondok santap. Oleh karena itu, penulis akan membangun usaha bisnis makanan yang berbasis cafe dengan memiliki ciri khas yang menarik yaitu menu-menu yang akan disajikan bersumber dari pisang, tidak hanya dari buahnya, tetapi juga bagian-bagian lain dari pohon pisang seperti jantung pisang, daun pisang, dan lain-lain. Selama ini buah pisang hanya dikenal sebagai buah pelengkap hidangan pencuci mulut selepas menyantap makanan. Oleh karena itu, penulis akan menginovasikan pisang dapat dibuat bervariasi menu makanan. Alasan pemilihan bahan dasar tersebut karena pisang banyak disukai oleh semua orang, baik dari anak bayi sampai orang dewasa. Selain itu pisang adalah tanaman hortikultura yang memiliki tingkat produksi di Indonesia dan memiliki kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan tabel 1. pada tahun 2008 daerah Jawa Barat menghasilkan pisang sekitar 14 juta ton. Buah pisang ini dihasilkan lebih banyak dibanding dengan buah-buah yang lainnya. Oleh karena itu bahan baku untuk usaha ini mudah didapat.
BAB SELANJUTNYA DOWNLOAD DI BAWAH
 
Note: Makalah kewirausahaan ini saya dan teman-teman saya buat dalam rangka memenuhi tugas kewirausahaan di semester 4 IBI Darmajaya. Saya berharap makalah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan tidak disalahgunakan.

Download PDF makalah kewirausahaan Banana Licious Cafe
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar atau klik Kontak Saya disini

Kata kunci: Tugas Kewirausahaan, tugas teknopreneurship. tugas technopreneurship, makalah teknopreneur, makalah technopreneur, makalah kewirausahaan, tugas kewirausahaan memanfaatkan barang bekas, tugas kewirausahaan meneliti masalah disekitar, ide kewirausahaan, ide entrepreneurship, contoh makalah kewirausahaan, contoh makalah teknopreneurship,contoh makalah entrepreneurship

No comments:

Post a Comment

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...