DARMAJAYA ALMAMATERKU | PENGALAMAN KULIAH | DARMAJAYA ITU....? - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

DARMAJAYA ALMAMATERKU | PENGALAMAN KULIAH | DARMAJAYA ITU....?

KAMU MAU DAFTAR DI DARMAJAYA? COBA BACA INI DULU!

Judulnya baper amat ya? Sebenarnya nggak kok sobat. Darmajaya Almamaterku adalah kutipan dari himne darmajaya. Tujuan saya menulis ini karena banyak yang tanya ini dan itu. Selain itu juga kalau saya tulis disini saya dapat berbagi untuk  teman-teman ataupun adik-adik yang tertarik kuliah disini setidaknya saya dapat memberi review yang nyata dengan berbekal pengalaman kurang lebih 3,5 tahun menimba ilmu sebagai Sarjana Ekonomi di IBI DARMAJAYA, saya bukan promosi kok karena memang gak di bayar haha, yah hanya ingin berbagi siapa tahu bermanfaat buat siapa saja para pembaca yang budiman dan baik hatinya. Hehe.

Sekilas Tentang Institut Informatika dan Bisnis DARMAJAYA
Informatics and Bussines Institute Darmajaya disingkat IBI DARMAJAYA (dalam bahasa inggris) atau Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya disingkat IIB DARMAJAYA (dalam bahasa indonesia) adalah sebuat perguruan tinggi swasta yang ada di Bandar Lampung. Berdiri sejak 05 Juni 1997 yang dahulu disebut dengan nama STMIK-STIE Darmajaya dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Alfian Husien kemudian mendapat pengakuan dari DirJend Pendidikan dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi IBI DARMAJAYA pada  2008. Perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung (Sumber:wikipedia)  

1.    Fakta Darmajaya
Setelah browsing kesana kemari saya pun menemukan fakta-fakta menarik yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan (walaupun gak banyak ya, kalian bisa cari sendiri) untuk melanjutkan pendidikan disini. Sedikit fakta ya tentang IIB Darmajaya, antara lain:
  • Perguruan Tinggi nomor 162 terbaik di indonesia versi Webometrics
  • PTS Terbaik di Lampung versi Webometrics
  • Satu dari 49 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berstatus madya
  • Memiliki julukan kampus biru
  • Memiliki kerjasama dengan berbagai Perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri
  • Fasilitas tidak perlu diragukan
  •  Dan masih banyak lagi selengkapnya di klik disini situs resmi DARMAJAYA

2.    Akreditasi
Untuk sobat yang ingin tahu akreditasi Darmajaya terkini silahkan kunjungi situs WR3 Darmajaya Akreditasi masing-masing jurusan D3 dan S1 (untuk S2 cek disini) yang dikantongi darmajaya pada tanggal saya memposting tulisan ini (09/2017) adalah:
sumber:wr3.darmajaya.ac.id
3.    Pendaftaran IIB Darmajaya
Dan untuk teman-teman yang ingin daftar ke darmajaya secara online juga bisa melalui situs: pmb.darmajaya.ac.id
Di situs ini selain teman-teman bisa daftar secara online, kalian juga bisa melihat informasi lain seperti: 
  • Cara Pendaftaran Saya akan menjelaskan berdasarkan pengalaman saya saja ya sobat untuk cara pendaftaran. Dulu, ketika saya mendaftar sebagai maba (mahasiswa baru) tahun 2013, saya langsung datang saja ke bagian pendaftaran dan langsung mengikuti tes secara online jika kita sudah melakukan registrasi, tapi jika kalian masih ingin bertanya-tanya dan konsultasi bisa juga ke bagian PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) serta meminta brosur disana. Tesnya tidak sulit, lebih kepada TPA & UMUM kurang lebih. Untuk situs pendaftaran klik disini
  • Prosedur Pendaftaran
    Syarat dan ketentuan mendaftar klik disini 
  • Biaya Perkuliahan
    Ini adalah bagian tersentifnya, masalah biaya kuliah, nah jadi untuk lebih jelas saya contohkan dari jurusan manajemen dengan biaya pada tahun 2017.


Berdasarkan estimasi diatas, pertama masuk kalian akan membayar Uang Pendaftaran+Uang PMB+Pengembangan+BPP+SKS maka dari estimasi di atas total semester 1= Rp6.350.000, gede banget ya sekarang? Ini hanya semester satu, Tapi biasanya biaya sks bisa dibayar dipertengahan semester, jadi satu semester 2x bayar untuk lunas. 
Untuk Semester selanjutnya 2,3,4,5 sobat hanya membayar BPP+SKS+Pengembangan jadi berdasarkan estimasi di atas maka biaya semester 2,3,4,5 adalah Rp 5.200.000 
Catatan:   
bisa di bayar 2x dalam satu semester. Jadi untuk BPP+Pengembangan dibayar ketika liburan semester Rp: 3.550.000 dan sisanya di bayar di pertengahan semester. 
Untuk semester 6,7, dst (mudah-mudahan sampai semester 7 saja 3,5 tahun kuliah)
BPP+SKS= 4.350.000 
Catatan: biaya bisa dibayar 2x BPP ketika libur semester dan SKS di pertengahan kuliah. Belum termasuk biaya KKN, skripsi, dan wisuda.

Untuk detail pembayaran jurusan-jurusan lainnya klik disini
Untuk beasiswa yang ada di darmajaya silahkan cek Instagram : Kemahasiswaan Darmajaya Disini

4.    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Untuk pengembangan diri, gak perlu cemas sobat. Terus terang sebagai salah satu alumni dari IIB Darmajaya saya sendiri cukup aktif di beberapa organisasi. Macam-macam organisasi yang ada di IIB Darmajaya cek disini

Disini teman-teman bukan hanya akan dapat mengembangkan potensi diri tapi juga dapat memiliki prestasi. Contohnya adalah sahabat-sahabat saya yang pernah mengukir prestasi di darmajaya banyak sekali. Ada yang jadi duta kampus, menjadi muli-mekhanai kabupaten atau kota, melakukan pertukaran pelajar selama 1 semester (6 bulan) di beberapa universitas berbagai negara yang bekerjasama dengan Darmajaya seperti: Malaysia, India, Korea Selatan, Thailand, dll. Dan masih banyak prestasi yang patut dibanggakan ketika kalian bersungguh-sungguh menimba ilmu dan meraih prestasi.

Selain prestasi non akademik, ada juga prestasi akademiknya. Prestasi ini akan dibagikan kepada sobat ketika wisuda. Selain Lulusan Terbaik Fakultas, Lulusan Terbaik Jurusan, ada juga lulusan terbaik di bidang akademik atau non-akademik yang di sebut Deant List. Kriteria Deant List sendiri adalah:

  • Bidang Akademik: indeks prestasi (IP) setiap semester lebih dari sama atau sama dengan 3,01 tanpa nilai mata kuliah huruf mutu C, D, dan E bukan dari mahasiswa konversi serta selesai kuliah tepat waktu.
  • Bidang Non Akademik: memiliki prestasi dibidang seni, olahraga, entrepreneurship, dan organisator kampus dengan IPK diatas 3,01 serta selesai kuliah tepat waktu.
Contoh sertifikat yang pernah saya dapatkan dari Darmajaya baik itu organisasi, pelatihan, dan prestasi.
Selain itu bentuk apresiasi lainnya adalah jika sobat memiliki ipk> 3,5 tanpa nilai c pasti akan mendapatkan presikat cumlaude (dengan pujian) beserta slempang yang bertuliskan cumlaude untuk dipakai ketika wisuda. Note:lumayan buat membanggakan orang tua guys! Hehe

5.    Siska Darmajaya (Sistem Akademik)
Adalah situs untuk mengatur perkuliahan sobat ketika sudah resmi menjadi mahasiswa IIB Darmajaya. Penggunaan situs ini akan dipandu ketika kalian mengikuti ORIES. Apa itu ories? ORIES adalah orientasi mahasiswa, biasanya di kampus lain bernama ospek. Jujur ya ories ini menyenangkan guys, gak kayak di tv-tv kok yang sampai masuk berita karena tujuan utama ories ini untuk memperkenalkan kampus kepada kalian.
Mungkin segitu saja pengenalannya, semoga bermanfaat. Satu lagi guys, Silahkan Komentar!

kata kunci: pengalaman kuliah darmajaya, biaya kuliah darmajaya, review kuliah darmajaya, IBI DARMAJAYA, IIB DARMAJAYA, Darmajaya lampung, cerita di darmajaya.

No comments:

Post a Comment

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...