[PENGALAMAN] Ada Cerita di Rumah Makan Sate - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

[PENGALAMAN] Ada Cerita di Rumah Makan Sate


Well guys sedikit curhat nih dan berbagi pengalaman ya...Dibilang pengalaman kerja sih bukan sebenernya tapi berbagi cerita tidak ada salahnya.
Setelah lulus kuliah, gue bener-bener ngerasain yang namanya istilah “welcome to the jungle” yang dilontarkan sama kawan-kawan ketika wisuda, karena memang petualangan bakalan dimulai disini dan gue selama beberapa bulan ini merasakan namanya sulit mencari pekerjaan. Walaupun nilai gua gak jelek-jelek amat dan jujur nih gue salah satu mahasiswa yang *ehem-ehem* berprestasi loh hehe, tapi itu semua gak ngejamin ketika sobat akan terjun ke dunia nyata, dunia yang sesungguhnya, iya dunia kerja yang kerasss. Kenapa gitu? Karena gak sesuai dengan espektasi ketika lo kuliah-lulus-kerja, gak semudah itu. Sekali lagi, “ini keras guys” karena saingan di dunia kerja itu banyak, banyak yang lebih pinter, lebih cantik, lebih dari lo pastinya, belum lagi kalau yang seharusnya rejeki kita digeser sama orang dalam, maka perbanyaklah ikhtiar kepada Allah SWT.
Menjalani hari-hari menunggu dan menganggur di rumah sembari menunggu ketidakpastian setiap lowongan yang gue lamar bokap nelpon melulu karena gue ketauan belom kerja-kerja. Setiap hari di telpon, kan bete, kadang malu dan gak enak nih nganggur, jadi bokap nyuruh gue jaga rumah makannya di Jalan Lintas Sumatera, Bukit Kemuning, Lampung Utara. Sedikit throwback nih, jadi nyokap-bokap udah pisahan, gue ikut nyokap, dan mereka masing-masing sudah memiliki keluarga kembali dan kami baik-baik saja. Lanjut... nah karena bokap tau gue nganggur jadilah gue di suruh berangkat ke Rumah Makan itu, disuruh bantu-bantu disana.
Rumah Makan Sate Gombong namanya, sebenernya rumah makan ini berdiri sudah lama sekali, sebelum bokap gue beli, karena pemiliknya sudah lansia jadi mereka memutuskan untuk istirahat dan menikmati masa tua di Surabaya kampung halaman Kakek-Nenek itu, maka rumah makan yang tadinya bernama Sate Surabaya berubah menjadi Sate Gombong, iya Gombong itu asalnya istri bokap gue, alias Ibu sambung gue guys. Setelah rumah makan sate ini beralih kepemilikan maka tentu saja pasti akan ada yang diubah sedikit-banyak, dan berusaha untuk diperbaiki lagi, seperti bangunannya, makanannya dan sekarang konon katanya sate disini makin maknyuuuussss.
Gue tiba disana udah malem, sekitar pukul 00.10 WIB. Gue gak nyangka ya tempatnya ternyata rame loh, batin gue asik nih hehe. Jadi begitu gue sampe banyak mobil gede-gede parkir, mobil-mobil barang, truk, puso, mobil minyak semacemnya lah, wajar aja kan, namanya juga jalan lintas jadi isinya ya sopir-sopir dan tentunya setelah gue menginjakkan kaki gue perdana di atas tanahnya Bukit Kemuning ini, gue liat ternyata sopir-sopir itu pada istirahat ya tidur disana-sini, sembarang asal bisa istirahat, kasian ya keras hidup di jalanan buat makanin anak-istri. Oke, karena capek gue langsung ikutin Via aja ke belakang buat istirahat di sebuah kamar. Via ini keponakan bokap yang kerja disana.
Gue kira bangunan ini kecil ternyata gede sampe belakang, bangunan tua gitu (tapi bentar lagi mau di bongkar), mana kamarnya banyak, gelep, serem lagi belakangnya hutan, hiks-hiks-hiks.. mungkin gue lebay ya karena gue penakut, tapi rame hehe kok dijamin. Terus, kami menuju ke kamar yang paling ujung banget, ternyata disana terang-benderang dan ada orang lagi geletakan sambil telponan. Gue kenalin nih, namanya Bi Tuti, itu bokap gue yang manggil gitu gak tau sodaraan dari mana yang pasti sodara, otomatis gue manggil Mbah dong ya karena bokap panggil Bibi, karena gak enak dia masih muda sih umur 30an, jadi gue panggil Mbah Bibi aja deh ya hehe walaupun tetep Mbah. Mbah bibi ini janda, jadi dia sering fb’an dan telponan ama calon suaminya yang katanya bentar lagi mau meried.
Setelah istirahat semaleman gue bangun pagi dan mencoba mengikuti rutinitas harian di rumah makan. Jadi setelah gue rapih dan jalan-jalan liatin kondisi dan merasakan keadaan disana gue kenalan ama karyawan-karyawannya bokap. Ada nenek-nenek selaku chef disana yang masak gule, bumbu sate dan adonan lainnya, ada mbak widi dan mas asep, yaitu pasutri yang kerja disana, gue baru tau kalau ternyata ‘mbak widi-mas asep’ itu ukir jam kerja dengan ’via-mbah bibi’, jadi kalau yang couple satunya shift malem otomatis couple satunya shift siang, karena semaleman ‘mbak widi-mas asep’ yang jaga jadi siang itu gue ama via dan mbah bibi yang jaga rumah makan.
Untuk pekerjaan sih gak terlalu sibuk kalau siang, karena ini jalan lintas lebih sibuk di malam hari biasanya. Gue ceritain aja rutinitas hariannya singkatnya, soalnya ya cuma gitu-gitu aja setiap hari gak jauh beda.
Setiap pagi ada tukang daging nganter, tapi kadang-kadang anaknya sih yang nganter hehe, kenapa ya pake kata ‘hehe’ soalnya gue kaget waktu pertama kali liat itu tukang daging lumayan cakep ya oh ternyata anaknya juragan daging hihihi. Selain itu, buat karyawan yang kebagian shift siang bakalan belanja kepasar buat keperluan rumah makan sate ini, belanja beras, tusuk sate, kacang, gula semua deh banyak. Sekali sih gue ikut belanja itu pun karena belanjaan ada yang ketinggalan di pasar jadi gue ikut aja pengen tau kayak apa suasana Bukit Kemuning ini.
Wuuuush angin sepoi-sepoi masih jam 7an lah, gue liat sekeliling ya memang jalannya berbukit-bukit gitu keliatan gunung-gunung dari kejauhan, tapi sayangnya disana gak ada tempat wisata yang deket sih paling deket aja 2 jam perjalanan buat sampe puncak, bukit atau apalah gitu, menurut gue 2 jam itu jauh kalau bandingin deketnya area wisata-wisata yang ada di sekitaran Bandar Lampung. Sampe pasar, gue dan mbah bibi beli ayam dan timun yang ketinggalan dari belanjaan sebelumnya.
Biasanya setelah dari pasar kegiatannya sih ya nusukin daging sate satu-satu ke batangnya, kalau ini gue udah terbiasa sih,karena di rumah nyokap juga suka bakar sate, cuma kalau yang ngirisin daging biasanya bokap gue atau nenek yang biasanya masak di rumah makan ini. Sambil nusukin kan kita ngobrol-ngobrol, kadang nenek chef numbuk kacang atau bikin bumbu gule yang seabreg, terus untuk yang nganggur biasanya ya beres-beres sambil nunggu pelanggan dateng. Gitu aja sih sampe malem, sampe ganti shift.
Gue ceritain nih kalau yang shift malem. Nah kalau di shift malem ya kerjanya jelassss malem ya. Jujur aja gue gak biasa pake make up malem-malem jadi gue gak makeupan soalnya kasian kan di muka jadi bodo amat lah. Gue liatin si Via dan Mbah Bibi menor-menor sih bodok amat, buat apa juga menor-menor gak bakalan gue ketemu sapa-sapa kan yang penting mah gue rapih aja, dan gue yakin tanpa make up pun gue gak jelek-jelek amat kok hehe.
Kalau tragedi nyebelin yang gue gak suka di shift malem ya kadang banyak orang yang kurang sopan. Jadi pernah nih suatu ketika bokap gue tidur, jadi gue, Via, dan mbah bibi yang ngelayanin orang-orang tuh malem-malem. Tetiba gue di panggil salah seorang supir yang udah pakde-pakde sambil ngelambaiin tangan, “sini” gitu katanya. Gue kira kan minta tambah apa kopi atau apa ya, oh ternyata minta nomor gue, pas banget gue lagi pegang smartphone andalan ini, mau bilang gak punya hp kayaknya dusta banget ya,, jadi reflek aja sih gue bilang gini, “hah? Nomer pak? Ituuuu” sambil nunjuk kawan yang di dalem dapur, “ temen saya aja pak”, malah gue nunjuk temen kan hehehe. Duh duuuh gak tau gue harus ngeladenin nya gimana sama orang-orang kayak mereka, gue sendiri gak biasa memberikan kontak kepada orang asing kecuali via email atau komentar di sosial media. Tapi sudahlah maklumin aja, namanya juga hidup di jalanan eh maksudnya di sekitar jalan lintas provinsi hehehe, bakalan ketemu dengan orang yang berbeda setiap harinya. Mungkin sobat juga pernah mengalami hal yang sama?? Syukur-syukur kalau yang minta nomor cowok ganteng kan ya bukan aki-aki pasti bahagia :D, berasa FTV gitu kan hehehe.
Ada cerita lagi nih soal bahasa. Kebayakan sopir-sopir mobil gede itu kan orang jawa ya, aku ki wong jowo loh aku ra ngapusi, tapi boso ku elek, serius hehe. Pernah ada yang tanya gue jawa mana? Tentunya pakai bahasa jawa ya tanyanya. Gak tau maksudnya nanya gitu kenapa? Apa karena gue manis gitu ya ayu-ayu kayak cewek keraton hehehe, bisa jadi sih. Mungkin mereka memastikan gue anak daerah sono atau bukan kali, kebanyakan kan daerah Bukit Kemuning itu orang Ogan dan muka gue gak ada ogan-ogannya, malah mirip orang Sunda kitu geulis kata temen-temen *plak. Terus, gue jawab pakai bahasa indonesia aja lah karena takut salah ngomong nanti gak sopan malahan, kalau udah gue tinggal aja.
Soal makanan disana? Jangan ragu satenya, gule, dll, enak semua. Walaupun judulnya Sate Gombong tapi disini juga tersedia Nasi Goreng, Mie Goreng, Mie Rebus juga. Kalau kebersihan terjamin kalian bisa kok dateng terus liat dapurnya gak apa-apa. Soalnya setiap konsumen selesai makan piring langsung di cuci. Kalau masak nasi pake magicom, untuk es dijamin air mateng karena selalu ngerebus air 24 jam pakai kayu bakar, dan bara dari kayu itulah yang digunakan untuk bakar sate, semua bahan dijamin seger karena setiap hari beli.

Terus untuk temen-temen yang mungkin pingin kerja di rumah makan, jangan anggap cerita ini sama untuk disemua tempat, ini kan dari sudut pandang saya, anggap saja karena saya penakut, belum pernah kerja dan tinggal di lingkungan yang berbeda, bisa jadi saya termasuk dalam golongan shock culture hehe. Kalau misalnya Rumah Makan Sate Gombong ini buka lowongan kerja, jangan ragu-ragu lamar kerja disini aja gak apa, bokap gue baik banget, ganteng lagi! Ibu gue juga baik banget loh, pokoknya kalau ada ibu, kata karyawan-karyawan disana meja pasti ada kuenya hehe. Tentunya kalian bisa makan sate gratis kalau kerja disini hehe.
Gak ada semingguu gue disana, nyokap nelpon aja suruh balik, katanya gue beberapa hari kemudian bakalan jadi berangkat ke Jakarta, so.. gue minta tambahan dana dong ama bokap dan dianterin lagi ke rumah, di daerah Kota Gajah keesokan harinya karena gue harus prepare. Oke semoga tulisan ini bermanfaat ya. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...