CARA UJI NORMALITAS DATA DENGAN KOLMOGROV-SMIRNOV - i-Codee

Breaking

i-Codee

from Apriloza to you, "i know i share"

Post Top Ad

loading...
close

CARA UJI NORMALITAS DATA DENGAN KOLMOGROV-SMIRNOV

 
Uji normalitas data adalah suatu pengujian yang dilakukan untuk melihat bahwa data setiap variabel yang akan dianalisis harus berdistribusi normal (Sugiyono, 2015:172). Suatu sebaran dapat dikatakan normal apabila memiliki sebaran yang berada pada garis simetris.
Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan statistik Kolmogorov-Smirnov. Alat uji ini biasa disebut dengan K-S.
Rumusan Hipotesis sebagai berikut:
Data residual berdistribusi normal apabila sig (probabilitas) > 0,05
Data tidak berdistribusi normal apabila sig (probabilitas) <0,05

LANGKAH UJI NORMALITAS DENGAN KOLMOGROV-SMIRNOV
1.    Analyze> Nonparametric Test> Legacy Dialog> 1-Sample K-S

2.    Setelah itu, pindahkan variabel yang ingin dinormalkan dengan UJI K-S dan jangan lupa centang Test Distribution> centang Normal> OK
sebelum variable dipindahkan

sesudah variable dipindahkan


3.    Akan muncul  output data sebagai berikut:

Berdasarkan data di atas didapatkan nilai 0,000 (AR_SEBELUM)dan 0,000 (AR_SESUDAH) yang mengartikan bahwa kedua data tersebut tidak berdistribusi normal karena memiliki nilai yang kurang dari 0,05, namun apabila nilai >0,05 maka data berdistribusi normal dan anda dapat melanjutkan uji selanjutnya.

Apabila data tidak normal maka perlu dinormalkan, untuk menormalkan sebuah data dapat dilakukan dengan banyak cara. Saya akan menjelaskan dua cara diantaranya yaitu:
1.    Transformasi data
2.    Trimming data

Materi tentang  uji normalitas yang tidak normal saya ulas di postingan selanjutnya, Silahkan kunjungi disini klik Next >>> CARA MENORMALKAN DATA TIDAK NORMAL

Contoh di atas adalah penelitian komparatif. Untuk penelitian lainnya pada perinsipnya adalah sama. Jika penelitian anda adalah penelitian assosiatif yang memerlukan regresi maka lakukan regresi terlebih dahulu hingga mendapatkan nilai unstandardized residual kemudian hanya nilai tersebutlah yang digunakan untuk uji normalitas data.

 Download juga JURNAL yang menghasilkan data tidak normal >>>> DOWNLOAD
&
 Download juga SKRIPSI yang menghasilkan data tidak normal >>>> DOWNLOAD

Kata kunci: uji normalitas pada penelitian komparatif, uji normalitas data, contoh uji normalitas data, uji normalitas data tidak normal, cara melakukan uji normalitas data, cara menormalkan data, uji K-S, Uji kolmogrov-smirnov, data, data tidak berdistribusi normal, cara menormalkan data dengan spss, cara menormalkan data yang tidak berdistribusi normal.

No comments:

Post a Comment

Halo, Admin menunggu komentar anda. Katakan sesuatu tentang postingan ini!

Post Top Ad

loading...